Jumat, 05 Juni 2009

Work your work

Tadi sore(Sabtu/6 Juni) g abis jalan2 bentar di sebuah mall besar di jakarta barat. Rencana mw ditraktir makan seh ama temen g, cm karena bbrp hal, ga jadi makan, g harus pergi. Sempet liat ada customer service yang ramah, murah senyum. Ada jg sales credit card yang kalo ngeliat orang laksana bidadari dari negri antah berantah. Belum lagi satpam yang ramah dan penuh kasih membantu anda menunjukkan arah toilet terdekat.
Yang menjadi pertanyaan g adalah, selepas mereka kerja, setelah mencopot seragam sehari2 mereka, pulank ke rumah, ke masyarakat, apakah mereka masih memiliki 'kepribadian malaikat' spt saat mereka mengenakan seragam tsb? Gw nulis ini bukan utk memojokkan atau menjelek2an orang2 tsb. Tapi marilah kita belajar utk 'mengerjakan' pekerjaan kita.
Yang gw maksud disini adalah 'integritas pekerjaan'. Job kita sbg cleaning service misal, marilah kita punya mindset cleaning service dimana pun kita berada. ngeliat kotor dikit, ud harus dibersihkan. Jadi orang hukum misalnya, dimanapun harus siap memberikan legal opinion, bahkan menanggapi gosip di tv sekalipun. Jadi dokter, ga cuma pas di rumah sakit, di tmpt praktek, menjadi dokter. Tapi dimanapun jadilah dokter.
Kembali ke contoh customer service, berbicara dengan orang di luar mall, bertingkah lah layaknya customer service; ramah, murah senyum, niscaya bakal disukain deh ama orang. Satpam yang ramah, jangan cuma ramah pas kerja, tapi jadilah 'satpam' ramah dimanapun anda berada.


Kata orang,kalau mau jadi orang sukses, milikilah mindset orang sukses. Brainstorm singkat diatas, mw ngajak kita bwt fokus dan explore melebihi diri kita saat ini, agar berangkat menuju kesuksesan..

0 komentar: